Ketentuan Penggunaan PrivySign

Ketentuan Penggunaan PrivySign

Ketentuan Penggunaan PrivySign

Ketentuan Penggunaan PrivySign

Effective Date: April 20, 2022

 

Selamat datang di PrivySign! Terima kasih atas ketertarikan untuk menggunakan PrivySign. PT Privy Identitas Digital (“Privy”) menyediakan berbagai jenis layanan, oleh karenanya beberapa syarat dan ketentuan tambahan dapat berlaku pada saat Pengguna menggunakan Layanan Privy tersebut. Dengan membuat Akun Privy dan/atau menggunakan PrivySign, Pengguna menyatakan telah membaca, memahami, dan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini.

Ketentuan Penggunaan ini mungkin diubah atau diperbaharui baik sebagian maupun seluruhnya dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, dan akan berlaku sejak diunggah pada Situs. Privy menyarankan agar Pengguna memeriksa Situs untuk mengetahui perubahan apapun atas Ketentuan Penggunaan ini dari waktu ke waktu.

Dengan tetap mengakses atau menggunakan Layanan PrivySign, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan atas Ketentuan Penggunaan ini. Apabila Pengguna tidak menyetujui perubahan Ketentuan Penggunaan, Pengguna dapat menghubungi Privy untuk melakukan pengakhiran Akun Privy.

Ketentuan Penggunaan ini mengandung kesepakatan antara Privy dan Pengguna. Silakan membaca Ketentuan Penggunaan ini dengan saksama!

  1. Definisi
    Setiap kata yang diawali huruf kapital mengandung arti berikut ini:
    1. “PrivyID” berarti suatu kode alfanumerik yang diterbitkan oleh Privy, yang dapat dikaitkan dengan suatu nama unik (username), guna mengidentifikasi Pengguna dalam menggunakan Layanan Privy.
    2. “Akun Privy” adalah setiap akun yang diterbitkan oleh Privy, dengan nama PrivyID, dimana setiap pemilik akun akan diberikan suatu userID, memilih password, dan dapat menyimpan Data Pribadinya.
    3. “Dokumen Elektronik” adalah setiap Informasi Elektronik, termasuk namun tidak terbatas pada Kontrak Elektronik, yang dibuat, diteruskan, dikirimkan, diterima, atau disimpan dalam bentuk analog, digital, elektromagnetik, optikal, atau sejenisnya, yang dapat dilihat, ditampilkan, dan/atau didengar melalui komputer atau sistem elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, kode akses, simbol atau perforasi yang memiliki makna atau arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.
    4. “Informasi Elektronik” berarti satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, Electronic Data Interchange (EDI), surat elektronik (e-mail), telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, kode akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.
    5. “Layanan Privy” berarti layanan penerbitan Sertifikat Elektronik, pembuatan Tanda Tangan Elektronik Privy, Document Management System Privy, PrivyPass, dan/atau layanan Privy lainnya yang dinyatakan oleh Privy dari waktu ke waktu, baik melalui Situs maupun Aplikasi Privy.
    6. “PrivySign” atau “Layanan PrivySign” berarti layanan Sertifikat Elektronik, Tanda Tangan Elektronik tersertifikasi, pengiriman elektronik tercatat, berikut dengan fiturfitur yang tersedia, yang dapat digunakan pada Situs atau Aplikasi Privy yang disediakan oleh Privy untuk Pengguna.
    7. “Pengguna” berarti setiap orang perorangan, persekutuan, firma, perusahaan, badan hukum, kementerian, lembaga atau organisasi yang menggunakan Layanan Privy.
    8. “Aplikasi Privy” berarti aplikasi ponsel (mobile apps) yang dioperasikan oleh PT Privy Identitas Digital.
    9. “Privy” berarti PT Privy Identitas Digital.
    10. “Sertifikat Elektronik” berarti sertifikat yang diterbitkan oleh Privy yang bersifat elektronik dan memuat Tanda Tangan Elektronik serta identitas yang menunjukkan subjek hukum atau para pihak dalam Transaksi Elektronik.
    11. “Data Pribadi” adalah setiap data tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik.
    12. “Situs” berarti segala URL yang menggunakan domain dengan alamat “www.privy.id” atau situs lain yang dinyatakan oleh Privy dari waktu ke waktu.
    13. “Tanda Tangan Elektronik” berarti tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi yang dibuat dengan Layanan Privy.
    14. “Transaksi Elektronik” berarti perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan komputer, jaringan komputer, dan/atau media elektronik lainnya.
    15. “Uniform Resource Locator” atau “URL”, adalah rangkaian situs web yang tertera, berisikan nama folder, protokol bahasa dan sebagainya.
    16. “Ketentuan Penggunaan Layanan Enterprise” merupakan dokumen yang mengatur tentang layanan enterprise Privy, sebagaimana tersedia pada Situs dan/atau https://enterprise.privy.id/
    17. “Employee Account” merujuk kepada definisi yang diatur di dalam Ketentuan Penggunaan Layanan Enterprise
    18. “SysAdmin” merujuk kepada definisi yang diatur di dalam Ketentuan Penggunaan Layanan Enterprise
    19. “Owner” merujuk kepada definisi yang diatur dalam Ketentuan Penggunaan Layanan Enterprise
    20. “Appstore” merupakan platform distribusi aplikasi untuk iOS yang dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan teknologi multinasional Apple Inc.
    21. “Playstore” atau juga secara umum dikenal dengan Google Play adalah layanan distribusi digital yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google yang berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android.
    22. “Basic Data” adalah Data Pribadi yang dibutuhkan oleh Privy untuk dapat menerbitkan PrivyID dan membuat Akun Privy.
    23. “Pihak Ketiga” merupakan perorangan, badan hukum, dan/atau badan usaha yang menjalin kerja sama dengan Privy dan dapat dibuktikan oleh suatu dokumen yang mengikat hak dan kewajiban masing-masing pihak
  2. Pendaftaran Akun Privy:
    1. Untuk dapat menggunakan Layanan PrivySign, Pengguna dapat mengakses Situs atau mengunduh Aplikasi Privy dan melakukan pendaftaran untuk membuat PrivyID dan/atau Akun Privy. Pendaftaran dapat dilakukan melalui Situs dan/atau Aplikasi Privy maupun melalui merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Privy. Untuk kenyamanan dalam menggunakan PrivySign, Pengguna wajib untuk hanya mengunduh Aplikasi Privy hanya dari Appstore (jika Pengguna menggunakan sistem operasi ponsel iOS) atau Playstore (jika Pengguna menggunakan sistem operasi ponsel Android) dan Privy mengimbau Pengguna untuk senantiasa melakukan update terbaru yang tersedia untuk Aplikasi Privy.
    2. Untuk membuat PrivyID dan/atau Akun Privy, Pengguna dapat diminta untuk memberikan beberapa informasi dan Data Pribadi Pengguna kepada Privy. Sehubungan dengan pembuatan Akun Privy dan penggunaan Layanan Privy, Pengguna setuju untuk memberikan informasi dan Data Pribadi Pengguna secara benar, jelas, akurat, dan lengkap kepada Privy ketika diminta, antara lain data yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya, nomor telepon seluler, alamat surat elektronik, dan rekam wajah atau swafoto, IP Address, login information, geolocation dan browser version. Pengguna akan segera melakukan pengkinian informasi dan Data Pribadi yang telah Pengguna berikan kepada Privy guna menjaga agar informasi dan Data Pribadi tersebut tetap benar, akurat, dan lengkap dari waktu ke waktu. Perubahan, penambahan, atau pembaruan informasi dan Data Pribadi tersebut dapat dilakukan sesuai dengan Ketentuan Penggunaan ini. Privy berhak melakukan verifikasi terhadap perubahan, penambahan, atau pembaruan informasi dan Data Pribadi tersebut sesuai prosedur Privy.
    3. Apabila Pengguna memberikan pernyataan, jaminan, informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka Privy berhak menolak permohonan penerbitan PrivyID dan/atau pembuatan Akun Privy dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan Privy yang diberikan kepada Pengguna.
    4. Pengguna bertanggung jawab atas segala aktivitas dan akibat yang timbul sehubungan dengan penggunaan PrivyID, Akun Privy dan/atau password Pengguna, dan Pengguna wajib untuk menjaga kerahasiaan password Pengguna dengan penuh kehati-hatian. Seluruh aktivitas yang dilakukan menggunakan PrivyID dan/atau Akun Privy Pengguna dianggap sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh pemegang Akun Privy tersebut. Pengguna bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan password Akun Privy Pengguna. Pengguna wajib segera memberitahukan Privy mengenai setiap dugaan atau aktivitas penggunaan PrivyID, Akun Privy dan/atau password secara tidak berwenang atau ancaman keamanan.
    5. Privy menerbitkan Sertifikat Elektronik untuk setiap Akun Privy, dan setiap Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh Privy tunduk pada ketentuan penggunaan sertifikat elektronik yang terdiri dari:
      • Certificate Practice Statement (CPS);
      • Kebijakan Garansi;
      • Kebijakan Pihak Pengandal;
      • Kebijakan Pemegang Sertifikat; dan
      • Kebijakan Privasi,
      semuanya dapat diakses melalui tautan https://repository.privy.id/ dan merupakan bagian yang integral dan tidak dapat dipisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini.
  3. Penggunaan Layanan PrivySign
    1. Hanya Pengguna yang memiliki PrivyID dan/atau Akun Privy yang dapat menggunakan PrivySign.
    2. Pengguna tidak boleh mengalihkan Akun Privy Pengguna kepada pihak manapun.
    3. PrivySign tidak ditujukan untuk digunakan oleh Pengguna yang belum cakap menurut hukum perdata yang berlaku.
    4. Saat menggunakan Layanan PrivySign, Pengguna dapat memilih untuk menggunakan akun pribadi ataupun akun yang terdaftar pada Layanan Employee Account. Dalam hal Pengguna menggunakan Employee Account saat menggunakan layanan PrivySign, maka Ketentuan Penggunaan Layanan Enterprise berlaku untuk Pengguna. Saat Pengguna bertransaksi atau bertanda tangan dengan pihak yang menggunakan Employee Account, maka Ketentuan Penggunaan Layanan Enterprise berlaku juga untuk Pengguna dan Pengguna setuju bahwa data Pengguna tidak hanya diketahui oleh Employee Account yang mana Pengguna berhubungan, tetapi juga dapat diketahui oleh SysAdmin atau Owner Enterprise Account tersebut.
    5. Privy dapat menggunakan atau mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam rangka memenuhi ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, dalam rangka proses penegakan hukum atau pengambilan tindakan pencegahan lebih lanjut sehubungan dengan kegiatan yang tidak berwenang, dugaan tindak pidana atau pelanggaran hukum atau peraturan perundang-undangan. Sehubungan dengan penggunaan atau pengungkapan tersebut, Pengguna melepaskan dan membebaskan Privy dari segala klaim, tuntutan, ganti kerugian yang mungkin timbul sehubungan dengan penggunaan atau pengungkapan tersebut.
    6. Privy berhak untuk sewaktu-waktu mengubah atau memutus akses kepada sebagian atau seluruh Layanan Privy untuk sementara waktu dalam hal diperlukan perbaikan dan/atau pengelolaan lebih lanjut dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada Pengguna atau dalam hal adanya dugaan kebocoran data atau ancaman keamanan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna.
    7. Dalam menggunakan Akun Privy dan Layanan Privy, Pengguna setuju untuk mematuhi seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan dalam yurisdiksi yang berlaku dimana Akun Privy atau Layanan Privy diakses atau digunakan.
    8. Pengguna memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi termasuk tetapi tidak terbatas kepada memasukkan password, OTP, klik centang, perubahan, penghapusan hingga pembatalan dari Pengguna yang diterima oleh Privy akan diperlakukan sebagai bukti meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau tanda tangan basah, dan Pengguna setuju untuk membebaskan Privy dari segala klaim, tuntutan, dan ganti rugi yang mungkin timbul sehubungan dengan pelaksanaan dari instruksi Pengguna.
  4. Batas Penggunaan Layanan
    Pengguna setuju untuk tidak menggunakan Layanan PrivySign untuk melakukan transaksi atau perbuatan yang: (i) melanggar hukum atau ketentuan peraturan perundang-undangan; (ii) melanggar hak Privy atau Pihak Ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada hak privasi, hak cipta, merek, paten, rahasia dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya, serta hak kontraktual atau hak-hak lain yang dilindungi berdasarkan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku; (iii) dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apapun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu Informasi Elektronik sehubungan dengan Layanan Privy; (iv) dapat merusak atau mengganggu reputasi Privy.
  5. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa:
    1. Pengguna secara hukum cakap dan berwenang untuk melakukan perbuatan hukum menurut hukum Negara Republik Indonesia, termasuk untuk mengikatkan diri pada dan melaksanakan seluruh syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
    2. Dalam hal Pengguna membuat PrivyID, Akun Privy dan/atau menggunakan Layanan PrivySign atas nama suatu persekutuan, firma, perusahaan, badan hukum, kementerian, lembaga atau organisasi, Pengguna memiliki kapasitas dan kewenangan untuk mewakili dan bertindak untuk dan atas nama persekutuan, firma, perusahaan, badan hukum, kementerian, lembaga atau organisasi tersebut, termasuk namun tidak terbatas untuk mengikatkannya untuk tunduk pada dan melaksanakan seluruh syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
    3. Pengguna telah membaca dan memahami seluruh isi Ketentuan Penggunaan ini, dan karenanya secara sukarela setuju untuk tunduk pada dan melaksanakan seluruh syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
    4. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin penggunaan PrivySign oleh Pengguna hanya akan digunakan sesuai yang telah ditentukan dalam Ketentuan Penggunaan ini dengan itikad baik dan penuh kehati-hatian serta untuk tujuan yang sah dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  6. Sertifikat Elektronik
    Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh Privy berlaku selama satu (1) tahun. Privy dapat mengirimkan pemberitahuan untuk meminta Pengguna untuk memperbarui Sertifikat Elektronik-nya beberapa saat sebelum atau setelah berakhirnya masa berlaku Sertifikat Elektronik tersebut.
  7. Privy Balance dan Pembayaran
    1. Privy Balance adalah saldo mengenai sejumlah dana yang telah disetorkan dimuka oleh Pengguna ke Privy melalui beberapa metode/channel yang tercantum dalam Situs Privy, yang dapat digunakan sebagai pembayaran atas penggunaan sejumlah Tanda Tangan Elektronik Privy berdasarkan kesepakatan Pengguna dengan Privy dari waktu ke waktu.
    2. Privy Balance tidak dapat ditukarkan kembali dengan uang atas dasar alasan apapun.
  8. Hak Milik dan Klausul Hak Kekayaan Intelektual
    Pengguna maupun perwakilan Pengguna, termasuk seluruh karyawan Pengguna, tidak memperoleh hak milik atau hak kekayaan intelektual apapun, termasuk namun tidak terbatas pada paten, hak cipta, merek, rahasia dagang, atas konten yang tersedia di Layanan PrivySign (termasuk namun tidak terbatas pada seluruh informasi, perangkat lunak, informasi, teks, huruf, angka, susunan warna, gambar, logo, nama, video dan audio, fitur, dan pemilihan dan pengaturan desain). Pengguna setuju untuk tidak menggunakan hak kekayaan intelektual Privy tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Privy. Pengguna mengakui bahwa setiap upaya atau pelanggaran nyata atas ketentuan terkait hak kekayaan intelektual ini akan mengakibatkan penghentian semua hak Pengguna terkait Layanan Privy.
  9. Keamanan dan Kerahasiaan
    1. Privy melakukan upaya-upaya pengamanan dan penyimpanan dengan penuh kehatihatian guna melindungi kerahasiaan Data Pribadi Pengguna dari waktu ke waktu.
    2. Setiap konten yang diunggah dan dikirim oleh Pengguna ke Layanan Privy akan tersimpan secara aman dan terkirim secara rahasia dengan menggunakan standar pengamanan informasi elektronik industri.
    3. Privy akan menyampaikan pemberitahuan kepada Pengguna dalam hal terdapat kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi Pengguna dalam sistem elektronik Privy sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Privy menjaga akses tehadap Dokumen Elektronik yang Pengguna unggah melalui Akun Privy Pengguna ke Layanan Privy agar hanya Pengguna dan pihak-pihak lain yang Pengguna berikan izin yang dapat mengakses dan/atau melihat Dokumen Elektronik tersebut.
    5. Pengguna memahami bahwa Privy dapat memberikan akses atau mengungkapkan Dokumen Elektronik Pengguna dalam rangka memenuhi ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, dalam rangka proses penegakan hukum atau pengambilan tindakan pencegahan lebih lanjut sehubungan dengan kegiatan yang tidak berwenang, dugaan tindak pidana atau pelanggaran hukum atau peraturan perundang-undangan.
  10. Pembatasan Tanggung Jawab
    1. Privy menyediakan Layanan dalam kondisi “as is” atau “sebagaimana adanya”. Pengguna memahami bahwa Privy tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
      • Penggunaan PrivySign akan selalu tepat waktu, selalu bekerja tanpa gangguan, atau selalu bebas dari perubahan, penambahan, pengurangan, transmisi, kerusakan, kehilangan, pemindahan, penyembunyian yang diakibatkan oleh tindakan suatu pihak dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum;
      • PrivySign dapat tetap beroperasi dan digunakan bersamaan dengan perangkat atau sistem pihak lainnya yang bukan disediakan atau dimiliki oleh Privy; dan/atau
      • PrivySign akan selalu memenuhi harapan Pengguna.
    2. Pengguna memahami bahwa PrivySign dapat mengalami gangguan atau keterlambatan yang disebabkan karena ketidaktersediaan atau gangguan pada layanan Pihak Ketiga yang Pengguna gunakan atau karena gangguan, ketidaktersediaan, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Pengguna gunakan. Pengguna setuju untuk membebaskan Privy dari segala klaim, tuntutan atau gugatan sehubungan dengan tidak dilaksanakannya instruksi Pengguna karena penyampaian informasi dari Pengguna yang tidak lengkap atau adanya pembatalan atau perubahan instruksi yang disampaikan kepada Privy, kecuali apabila tidak dilaksanakannya instruksi tersebut diakibatkan karena kesengajaan atau kelalaian berat Privy
    3. Pengguna setuju untuk membebaskan Privy dari segala klaim, tuntutan, dan gugatan atas setiap akibat atau kerugian yang timbul sehubungan dengan: (i) tidak terlaksananya atau tertundanya suatu Transaksi Elektronik; dan/atau (ii) adanya gangguan, keterlambatan, perubahan, atau ketidaktersediaan PrivySign atau Layanan Privy (termasuk dalam hal Privy tidak dapat melaksanakan atau melanjutkan sebagian atau seluruh instruksi atau komunikasi Pengguna kepada Privy melalui Situs atau Aplikasi Privy), yang disebabkan karena kejadian atau hal-hal di luar kekuasaan Privy, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan, krisis moneter, adanya perubahan, penambahan, pengurangan, transmisi, kerusakan, kehilangan, pemindahan, penyembunyian pada sistem, perangkat, atau Layanan Privy yang diakibatkan oleh tindakan suatu pihak dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum, gangguan atau ketidaktersediaan layanan pihak ketiga antara lain gangguan jaringan internet, daya, telekomunikasi dan arus listrik secara berkelanjutan, atau hal-hal lainnya di luar kekuasaan Privy.
    4. Pengguna setuju bahwa Privy tidak bertanggung jawab atas setiap akibat atau kerugian yang timbul akibat hal-hal sebagaimana disebutkan di atas, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) kehilangan data; (ii) kehilangan pendapatan, keuntungan, atau pemasukan lainnya; dan/atau (iii) kehilangan, kerusakan atau cidera yang timbul dari penggunaan Pengguna atas Layanan Privy termasuk PrivySign.
    5. Pengguna setuju untuk membebaskan Privy dari segala klaim, tuntutan, gugatan, dan ganti rugi apapun dan dari pihak manapun yang timbul sehubungan dengan:
      • Penggunaan informasi atau Data Pribadi oleh Privy berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini, atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa, dan/atau hak yang telah Pengguna berikan kepada Privy;
      • Pemberian informasi atau Data Pribadi oleh Pengguna kepada Privy yang dilakukan secara melanggar hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) pihak lain manapun, atau melanggar kontrak, kesepakatan, pernyataan, keputusan, atau dokumen apapun dimana Pengguna merupakan pihak atau terikat di dalamnya;
      • Penggunaan Layanan Privy secara tidak sah, melanggar hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hak (termasuk hak kekayaan intelektual) pihak lain manapun, atau melanggar kontrak, kesepakatan, pernyataan, keputusan, atau dokumen apapun dimana Pengguna merupakan pihak atau terikat di dalamnya, atau melanggar Ketentuan Penggunaan ini.
  11. Pengakhiran Penggunaan Layanan PrivySign dan Akun Privy
    1. Dalam hal Pengguna ingin mengakhiri pengunaan Layanan PrivySign, maka Pengguna harus menutup Akun Privy Pengguna dan tunduk pada ketentuan pengakhiran Akun Privy.
    2. Akun Privy Pengguna akan berlaku tanpa batasan waktu kecuali dalam hal Pengguna mengirimkan permintaan tertulis ke alamat surat elektronik (e-mail) Privy yang tertera pada Ketentuan Penggunaan ini untuk menutup/mengakhiri penggunaan Akun Privy Pengguna.
    3. Pengguna memahami bahwa dalam hal adanya permintaan tertulis pegakhiran Akun Privy dari Pengguna , Privy mungkin akan membutuhkan verifikasi terlebih dahulu dan meminta beberapa data tambahan. Dalam hal verifikasi yang dilakukan oleh Privy tidak berhasil, maka Privy berhak untuk menolak permohonan tersebut.
    4. Privy berdasarkan pertimbangannya sendiri, dapat menutup atau mengakhiri penggunaan Akun Privy Pengguna jika Pengguna melanggar Ketentuan Penggunaan ini, melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan kerugian pada Privy, atau menghadirkan ancaman keamanan terhadap sistem Privy, Layanan Privy ataupun Pengguna lainnya. Privy dapat melakukan penghapusan Data Pribadi Pengguna dalam sistem elektronik Privy dalam hal:
      • Pengguna menutup atau mengakhiri penggunaan Akun Privy Pengguna dan jangka waktu penyimpanan Data Pribadi dalam sistem elektronik berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya telah terlampaui; atau
      • terdapat penetapan pengadilan untuk menghapus Data Pribadi yang terdapat dalam sistem elektronik Privy atas permintaan pemilik Data Pribadi. Data pribadi yang telah dihapus Privy tidak dapat ditampilkan kembali.
  12. Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa
    1. Ketentuan Penggunaan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
    2. Pengguna dan Privy sepakat bahwa segala sengketa atau perselisihan yang timbul dari atau yang berkaitan dengan hal-hal yang diatur dalam Ketentuan Penggunaan ini (termasuk segala sengketa atau perselisihan yang disebabkan karena adanya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini) ("Perselisihan”) akan diselesaikan dengan cara berikut ini:
      • Salah satu pihak baik Pengguna atau Privy (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat tiga puluh (30) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);
      • Apabila Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat bahwa Perselisihan akan dirujuk ke dan diselesaikan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) menurut peraturan prosedur arbitrase pada BANI yang beralamat di Wahana Graha Lantai 1 dan 2, Jl. Mampang Prapatan No. 2 Jakarta 12760, dengan ketentuan berikut ini:
        1. Bahasa yang digunakan dalam arbitrase adalah Bahasa Indonesia;
        2. Tempat arbitrase adalah di Jakarta, Indonesia
        3. Pihak Pertama dan Pihak Kedua akan secara bersama-sama mengangkat satu (1) orang arbiter yang akan menjadi arbiter tunggal untuk menyelesaikan sengketa
        4. Biaya arbitrase dan biaya hukum wajib ditanggung oleh pihak yang kalah; dan
        5. Putusan arbitrase bersifat final dan mengikat Pihak Pertama dan Pihak Kedua.
  13. Bahasa
    Dalam hal Ketentuan Penggunaan ini ditampilkan dalam beragam pilihan bahasa dan terdapat ketidaksesuaian antara satu bahasa dengan bahasa yang lain, maka teks Bahasa Indonesia yang akan berlaku.
  14. Keterpisahan
    Dalam hal sebagian dari ketentuan ini tidak dapat dijalankan, maka ketentuan lain yang tersisa tidaklah batal dan akan terus berlaku dengan kekuatan penuh. Privy memiliki hak untuk mengganti dan/atau merubah ketentuan yang batal tersebut dengan ketentuan lain sepanjang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  15. Kontak dan Pemberitahuan
    1. Setiap pemberitahuan dari Privy yang ditujukan kepada Pengguna akan diumumkan melalui Situs dan dikirimkan melalui surat elektronik (e-mail), Layanan Pesan Pendek (SMS), atau push notification melalui Aplikasi Privy yang terpasang pada gawai Pengguna yang terdaftar di Privy.
    2. Setiap pemberitahuan dari Pengguna yang ditujukan kepada Privy menjadi efektif ketika pemberitahuan tersebut diterima oleh Privy melalui alamat surat elektronik (email address) helpdesk@privy.id dan/atau melalui dokumen fisik yang dikirimkan ke PT Privy Identitas Digital dengan alamat Jl. Kemang Raya No. 34L, Lantai 2, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730, Indonesia.