Kebijakan Privasi
Effective Date: 20 April 2022
Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari PT Privy Identitas Digital (selanjutnya
disebut sebagai “Privy”) untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi
Pengguna melalui situs https://privy.id, situs-situs turunannya, serta Aplikasi Privy
(selanjutnya masing-masing disebut sebagai “Situs” dan “Aplikasi”). Kebijakan Privasi ini
hanya berlaku untuk layanan Privy, termasuk tetapi tidak terbatas pada PrivySign dan
PrivyPass (selanjutnya disebut sebagai “Layanan Privy”). Kebijakan Privasi ini ditujukan untuk
memberikan informasi kepada Pengguna Privy mengenai cara Privy mengumpulkan,
menggunakan, membagikan, memproses, dan mengamankan Data Pribadi Pengguna untuk
Layanan Privy. Dengan menggunakan Layanan Privy, Pengguna memahami bahwa Privy akan
mengumpulkan dan menggunakan informasi Pengguna sebagaimana dijelaskan pada
Kebijakan Privasi ini. Penggunaan Privy diatur berdasarkan Kebijakan Privasi ini dan Ketentuan
Penggunaan Layanan Privy. Definisi yang digunakan pada Kebijakan ini mengacu kepada
definisi yang telah dijelaskan pada Ketentuan Penggunaan Layanan Privysign.
Privy akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna jika terjadi perubahan pada
Kebijakan Privasi ini dengan mengunggahnya pada Situs dan/atau menuliskan tanggal
pembaharuan kebijakan privasi terakhir.
1. INFORMASI YANG DIHIMPUN OLEH PRIVY
Privy dapat menghimpun Data Pribadi Pengguna Privy, yaitu sebagai berikut:
Data yang Privy minta dari Pengguna
Pada saat Pengguna membuat Akun Privy, Pengguna wajib memberikan Basic Data,
termasuk namun tidak terbatas pada informasi Data Pribadi yang terdiri dari nama
lengkap, tempat tanggal lahir, Kartu Tanda Pengguna Penduduk (KTP) atau kartu
identitas lainnya (termasuk informasi yang tertera didalamnya), nomor telepon
seluler, alamat surat elektronik, dan data biometrik.
Untuk membuat Akun Privy dan menggunakan Layanan Privy, Pengguna diminta
untuk memberikan beberapa informasi dan Data Pribadi Pengguna secara benar,
jelas, akurat dan lengkap kepada Privy. Apabila Pengguna tidak memberikan Data
Pribadi yang diwajibkan di poin a ini, atau memberikan pernyataan dan jaminan,
informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak
lengkap, maka Privy berhak menolak permohonan pembuatan Akun Privy untuk
Pengguna tersebut, dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau
seluruh Layanan Privy yang diberikan kepada Pengguna.
Data yang Privy kumpulkan secara otomatis
Pada saat Pengguna menggunakan Layanan Privy, Privy akan mengumpulkan Data
Pribadi secara otomatis seperti IP Address, login information, geolocation, browser
client & version, timestamp of activities, operating system, dan data transaksi
Pengguna yang berkaitan dengan penggunaan Layanan Privy.
Data yang Pengguna berikan
Pada saat Pengguna menggunakan Layanan Privy, termasuk Layanan Privy melalui
Pihak Ketiga, Pengguna dapat memberikan Data Pribadi lainnya (selain
sebagaimana disebut di poin a dan b di atas) kepada Privy dari waktu ke waktu.
Data yang Privy himpun dari Pihak Ketiga
Pengguna dapat membuat Akun Privy melalui Pihak Ketiga untuk mengakses atau
menggunakan layanan yang disediakan oleh Pihak Ketiga tersebut. Pihak Ketiga
yang memberikan layanan pembuatan Akun Privy tersebut adalah otoritas
pendaftaran (registration authority). Otoritas pendaftaran akan kemudian
meneruskan informasi Data Pribadi yang Pengguna berikan pada saat pendaftaran
kepada Privy untuk membuat Akun Privy Pengguna.
Cookies
Privy menggunakan cookies selama Pengguna menggunakan Layanan Privy, dalam
meningkatkan kualitas layanan Privy, untuk mengenali dan mengingat informasi
tertentu pada browser Pengguna meliputi manajemen sesi, personalisasi layanan,
dan perekaman aktivitas pengguna. Pengguna dapat memilih untuk menonaktifkan
cookies pada browser Pengguna, tetapi apabila Pengguna menonaktifkan cookies,
fungsi tertentu dari layanan Situs akan menjadi terbatas.
2. PENGGUNAAN DATA PRIBADI
Data Pribadi yang Pengguna berikan akan digunakan untuk menyediakan layanan
produk dari Privy, seperti:
- Menerbitkan PrivyID, membuat Akun Privy, serta menerbitkan, mengelola, dan
mencabut Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh Privy. - Mengumpulkan, merekam, dan menganalisis data terkait dengan aktivitas
penggunaan Layanan Privy. - Memberikan informasi terkait dengan penggunaan Akun Privy Pengguna, seperti
informasi penggunaan layanan dan informasi yang berbentuk promosi. - Memperbaiki dan meningkatkan produk dan layanan kepada Pengguna Privy.
3. DATA PRIBADI YANG DIBAGIKAN
Privy secara terbuka akan mengungkapkan informasi Data Pribadi Pengguna,
termasuk tetapi tidak terbatas pada Data Pribadi, yang terdapat dalam Akun Privy
dan/atau tercantum di dalam Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh Privy
sebagaimana diperlukan dalam rangka memenuhi Layanan Privy yang digunakan oleh
Pengguna.
Privy tidak menjual dan/atau membagikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak lain
tanpa persetujuan Pengguna. Privy menjamin bahwa hanya Pengguna, Pihak Ketiga
dan/atau pihak-pihak lain yang diberikan persetujuan oleh Pengguna, yang dapat
mengakses dan/atau melihat Dokumen Elektronik yang diunggah atau Data Pribadi
yang terdapat di dalam Akun Privy Pengguna.
Dalam hal Pengguna memberikan persetujuan kepada Pihak Ketiga untuk
menggunakan Akun Privy untuk mengakses atau menggunakan layanan yang
disediakan oleh Pihak Ketiga, penggunaan Data Pribadi Pengguna oleh Pihak Ketiga
tersebut tunduk kepada syarat dan ketentuan dan/atau kebijakan privasi Pihak Ketiga
tersebut.
Selain ketentuan tersebut di atas, Privy dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna
kepada:
- Pengguna lain, sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan Pengguna
sehubungan dengan penggunaan Pengguna atas Layanan Privy; - Individu, organisasi, entitas, atau otoritas pemerintahan dimana Privy memiliki
kewajiban terhadapnya untuk memenuhi ketentuan hukum dan peraturan
perundang-undangan, dalam rangka proses penegakan hukum atau pengambilan
tindakan pencegahan sehubungan dengan kegiatan yang tidak sah, dugaan tindak
pidana, pelanggaran hukum, atau peraturan perundang-undangan; - Agen, kontraktor, atau Pihak Ketiga yang menyediakan layanan kepada Privy
sehingga Privy dapat menyediakan layanan kepada Penggunanya sehubungan
dengan penggunaan Data Pribadi Pengguna tersebut. Agen, kontraktor, atau Pihak
Ketiga tersebut menyediakan layanan kepada Privy dalam bentuk layanan
verifikasi, autentikasi, analisis, promosi, deteksi penipuan, pembayaran, atau
dukungan pelanggan lainnya. Privy memastikan bahwa agen, kontraktor, atau
Pihak Ketiga tersebut hanya akan menggunakan Data Pribadi Pengguna sesuai
keperluannya untuk mendukung Layanan Privy; dan - Organisasi atau Badan Hukum dimana Pengguna diasosiasikan dan didaftarkan
kepadanya melalui Layanan Privy.
4. KEAMANAN DATA PRIBADI PENGGUNA
Privy melakukan upaya-upaya pengamanan dan penyimpanan dengan penuh kehatihatian guna melindungi kerahasiaan Data Pribadi Pengguna dari waktu ke waktu.
Setiap konten yang diunggah dan dikirim oleh Pengguna ke Layanan Privy akan
tersimpan secara aman dan terkirim secara rahasia dengan menggunakan standar
industri untuk pengamanan informasi elektronik. Privy menetapkan standar yang
tinggi untuk keamanan informasi, perlu diketahui bahwa Privy telah tersertifikasi ISO
27001:2013 mengenai Information Security Management System.
Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail Akun Privy Pengguna,
termasuk kata sandi Pengguna dan One Time Password (OTP) yang mungkin Privy
kirimkan kepada Pengguna dari waktu ke waktu terhadap siapapun, dan harus selalu
menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Pengguna gunakan
untuk mengakses Layanan Privy.
5. PENYIMPANAN DATA
Privy menyimpan Data Pribadi Pengguna selama jangka waktu yang dibutuhkan untuk
tujuan pemrosesan Data Pribadi. Selain itu, penyimpanan Data Pribadi Pengguna
dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang
berlaku.
6. HAK PENGGUNA
Permohonan Akses
Pengguna berhak untuk mengakses Data Pribadi Pengguna yang disimpan
pada Akun Privy Pengguna tersebut.
Permohonan Perubahan
Pengguna berhak untuk mengubah Data Pribadi Pengguna yang disimpan pada
Privy. Perubahan, penambahan, atau pembaruan informasi dan Data Pribadi
berupa Basic Data tersebut hanya dapat dilakukan dengan menyampaikan
pemberitahuan kepada Privy melalui kontak Privy. Sedangkan untuk kategori
selain Basic Data dapat dilakukan melalui Aplikasi Privy. Privy berhak meminta
dokumen pendukung dan/atau melakukan verifikasi terhadap perubahan,
penambahan, atau pembaruan informasi dan Data Pribadi tersebut sesuai
dengan prosedur Privy.
Permohonan Penghapusan
Atas permintaan Pengguna, Privy akan menghapus Data Pribadi Pengguna
tersebut dari sistem Privy. Sebelum penghapusan Data Pribadi dapat diproses,
Pengguna wajib memenuhi persyaratan verifikasi yang dilakukan oleh Privy.
Privy berhak untuk meminta alasan penghapusan Data Pribadi dari Pengguna.
Adapun permintaan penghapusan Basic Data hanya dapat dilakukan dengan
menyampaikan pemberitahuan kepada Privy melalui kontak Privy. Sedangkan
untuk kategori selain Basic Data dapat dilakukan melalui Aplikasi Privy.
Dampak dari penghapusan Basic Data adalah penutupan Akun Privy.
Permohonan terhadap hak Pengguna dan pertanyaan lebih lanjut mengenai
bagaimana Privy menjalankan Kebijakan Privasinya dapat disampaikan melalui
pemberitahuan dari Pengguna kepada Privy sebagaimana dijelaskan dibawah ini.
7. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
Pengguna akan melepaskan, membebaskan, memberikan ganti rugi, dan membela
Privy, termasuk setiap pejabat, direktur, karyawan, atau agen Privy dari dan terhadap
setiap dan segala permintaan, gugatan, klaim, kerugian, tanggung jawab, kewajiban,
biaya, kerusakan, dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan
pengeluaran biaya ganti rugi) yang dihasilkan secara langsung atau tidak langsung dari:
- segala kerugian akibat Data Pribadi yang dicegat, disadap, diakses, dicuri,
diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak
berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Privy dan/atau yang
bertentangan dengan Kebijakan Privasi ini dan peraturan perundangundangan yang berlaku, termasuk yang diakibatkan oleh kesalahan atau
kelalaian Pengguna; atau - pengumpulan, penggunaan, pemeliharaan, pembagian, atau pengungkapan
data dan informasi yang dilaksanakan di situs atau aplikasi yang dimiliki,
dikelola dan/atau dioperasikan oleh Pihak Ketiga.
8. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA
- Ketentuan Penggunaan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara
Republik Indonesia. - Pengguna dan Privy sepakat bahwa segala sengketa atau perselisihan yang
timbul dari atau yang berkaitan dengan hal-hal yang diatur dalam Kebijakan
Privasi ini (termasuk segala sengketa atau perselisihan yang disebabkan karena
adanya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih
syarat dan ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini) ("Perselisihan”) akan
diselesaikan dengan cara berikut ini:
- Salah satu pihak baik Pengguna atau Privy (“Pihak Pertama”) wajib
menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak
Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan
Perselisihan”). Perselisihan wajib diselesaikan secara musyawarah
mufakat dalam waktu paling lambat tiga puluh (30) hari kalender sejak
tanggal Pemberitahuan Perselisihan (“Periode Penyelesaian
Musyawarah”); - Apabila Perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah
mufakat sampai dengan berakhirnya Periode Penyelesaian
Musyawarah, Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat bahwa
Perselisihan akan dirujuk ke dan diselesaikan oleh Badan Arbitrase
Nasional Indonesia (“BANI”) menurut peraturan prosedur arbitrase
pada BANI yang beralamat di Wahana Graha Lantai 1 dan 2, Jl.
Mampang Prapatan No. 2 Jakarta 12760, dengan ketentuan berikut ini:- Bahasa yang digunakan dalam arbitrase adalah Bahasa
Indonesia; - Tempat arbitrase adalah di Jakarta, Indonesia;
- Pihak Pertama dan Pihak Kedua akan secara bersama-sama
mengangkat satu (1) orang arbiter yang akan menjadi arbiter
tunggal untuk menyelesaikan sengketa; - Biaya arbitrase dan biaya hukum wajib ditanggung oleh pihak
yang kalah; dan - Putusan arbitrase bersifat final dan mengikat Pihak Pertama
dan Pihak Kedua.
- Bahasa yang digunakan dalam arbitrase adalah Bahasa
- Salah satu pihak baik Pengguna atau Privy (“Pihak Pertama”) wajib
9. BAHASA
Dalam hal Kebijakan ini ditampilkan dalam beragam pilihan bahasa dan terdapat
ketidaksesuaian antara satu bahasa dengan bahasa yang lain, maka teks Bahasa
Indonesia yang akan berlaku.
10. KONTAK DAN PEMBERITAHUAN/NOTIFIKASI
Pemberitahuan dari Privy
Setiap pemberitahuan dari Privy yang ditujukan kepada Pengguna akan
diumumkan melalui Situs dan dikirimkan melalui surat elektronik (email),
layanan pesan singkat (SMS), atau push notification melalui Aplikasi Privy yang
terpasang pada gawai Pengguna yang terdaftar di Privy.
Pemberitahuan dari Pengguna
Setiap pemberitahuan dari Pengguna yang ditujukan kepada Privy menjadi
efektif ketika pemberitahuan tersebut diterima oleh Privy melalui alamat surat
elektronik (e-mail address) helpdesk@privy.id dan/atau melalui dokumen fisik
yang dikirimkan ke PT Privy Identitas Digital dengan alamat Jl. Kemang Raya
No. 34L, Lantai 2, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta
Selatan 12730, Indonesia.