PrivyID menyelenggarakan identitas digital yang terpercaya dan tanda tangan digital mengikat secara hukum menggunakan sertifikat elektronik. PrivyID adalah penyelenggara sertifikat elektronik pertama yang mendapatkan pengakuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO).

  • Office Yogyakarta : Jl. Imogiri Barat No.4, Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188 (Yogyakarta).
  • Office Jakarta : Jl. Kemang Raya No. 34L (Samping SPBU Total, Seberang LPPI) Mampang Prapatan, Bangka, Jakarta Selatan 12730 (Jakarta).
  • Hemat waktu: Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengirimkan atau menunggu dokumen selesai ditandatangani. Proses penandatanganan dokumen PrivyID berlangsung secara instan.
  • Hemat biaya: Mengurangi biaya administratif seperti pembelian kertas, percetakan, kurir, hingga penyimpanan dokumen.
  • Aman: Tanda tangan digital PrivyID menggunakan teknologi kriptografi asimetris sehingga tanda tangan Anda menjadi sangat sulit dipalsukan. Dokumen elektronik juga dikirim secara langsung tanpa melalui pihak ketiga sehingga tidak terdapat risiko kebocoran informasi.
  • Legal: Tanda tangan digital PrivyID sudah diakui oleh pemerintah Indonesia. Dokumen elektronik yang ditanda tangani dengan PrivyID memiliki kekuatan dan akibat hukum yang setara dengan tanda tangan basah.
  • Ramah lingkungan: Mengurangi konsumsi kertas dan emisi karbon yang dihasilkan pengiriman dokumen secara konvensional.

PrivyID merupakan perusahaan yang tersertifikasi dan berada di bawah pengawasan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO).

Anda dapat melakukan pengecekan lowongan kerja yang tersedia di Privy pada laman berikut https://privy.id/job/ dan dapat langsung mengunjungi akun instagram PrivyID.

Logo PrivyID terinspirasi dari bentuk hati (liver). Sebagai organ tubuh, hati merupakan organ tubuh yang luar biasa dan memiliki kemampuan regeneratif. Selain itu, hati juga memiliki fungsi menawar racun; ia mampu mengubah sesuatu yang bersifat negatif menjadi zat yang bersifat positif. Logo PrivyID melambangkan visi PrivyID untuk menyediakan layanan yang mampu memberi kemudahan bagi penggunanya, selayaknya sebuah hati pada tubuh manusia.

Balance adalah jumlah batas/limit yang dimiliki oleh penguna PrivyID untuk menandatangani dan mengirim dokumen untuk ditandatangani oleh orang lain. Setiap penguna baru PrivyID akan mendapatkan 10 balance gratis untuk melakukan hal tersebut.

Balance akan berkurang setiap Anda menandatangani dan membagikan dokumen yang Anda unggah kepada orang lain untuk ditandatangani.

  1. Masuk/Login PrivyID.
  2. Klik "Top up Balance".
  3. Pilih balance yang akan di beli kemudian klik "Confirm".
  4. Masukkan data Kartu Kredit Anda pada kolom yang tersedia, setelah itu klik "Pay Now".
  5. Proses pembelian Anda berhasil apabila sudah mendapatkan status "Ok".

Untuk metode pembayaran balance menggunakan kartu kredit, apabila ingin memilih metode pembayaran lain, silakan mengirimkan email ke helpdesk@privy.id.

Sertifikat Elektronik merupakan sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (diatur di dalam UU ITE).

Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh PrivyID sebagai penyelenggara sertifikasi elektronik yang terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), bisa Anda dapatkan setelah Anda melakukan pendaftaran di PrivyID. Sertifikat Elektronik tersebut akan dicantumkan pada Dokumen yang telah ditandatangani secara digital oleh Penanda Tangan.

Apabila masa berlaku sertifikat elektronik telah berakhir dan tidak dilakukan pembaruan, maka proses penandatanganan dokumen menggunakan PrivyID tidak dapat dilakukan.

Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Sertifikat Elektronik Anda telah kedaluarsa. Kemudian Anda dapat memilih tombol Request Now untuk memperbarui Sertifikat Elektronik pada saat akan menandatangani dokumen melalui web/aplikasi PrivyID.

Untuk proses pembaruan Sertifikat Elektronik adalah 1X24 Jam.

Anda tidak dapat melakukan tanda tangan digital di platform PrivyID, apabila Anda tidak memperbarui Sertifikat Elektronik Anda.

Pembaruan Sertifikat Elektronik tidak dikenakan biaya sama sekali.

PrivyID beroperasi dengan Sistem Manajemen Keamanan Informasi berstandar internasional ISO 27001. Sertifikasi yang kami miliki memastikan keamanan data Anda baik secara teknis, organisasi, maupun operasional.

Privy dapat memutus akses ke PrivyID untuk sementara jika terdapat dugaan kebocoran atau pelanggaran keamanan.

Jika dimungkinkan, dalam hal terjadi kebocoran atau pelanggaran, Privy akan memberitahu pengguna melalui laman web mengenai langkah-langkah yang akan atau telah dilakukan.
Apabila Pengguna merasa terdapat kebocoran atau pelanggaran, pengguna wajib melaporkan kepada Privy, dan Privy akan segera memblokir sementara akses ke PrivyID yang bersangkutan dengan segera.

  • SHA 256 yang berfungsi untuk otentifikasi dokumen.
  • RSA 2048 Byte yang berfungsi untuk verifikasi tanda tangan digital dan membuat pasangan kunci.
  • Masuk/login dan OTP yang berfungsi sebagai metode 2 faktor autentikasi untuk mengidentifikasi dan mengautentikasi Penanda tangan.
  • Pasal 11 ayat 1 Undang-Undang No.11 Th 2008 yang diamandemen menjadi UU No 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).
  • Pasal 52 - Pasal 58 Peraturan Pemerintah No.82 th. 2012 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik.

PrivyID bekerjasama dengan Akulaku hanya sebagai penyedia tandatangan digital. Apabila terdapat pertanyaan mengenai pinjaman Akulaku, silakan untuk menanyakan kepada pihak Akulaku.

PrivyID bekerjasama dengan Akulaku hanya sebagai penyedia tandatangan digital. Apabila terdapat pertanyaan mengenai KTA Akulaku, silakan untuk menanyakan kepada pihak Akulaku.

PrivyID bekerjasama dengan Dana Kini hanya sebagai penyedia tandatangan digital. Apabila terdapat pertanyaan mengenai pinjaman Dana Kini, silakan untuk menanyakan kepada pihak Dana Kini.

PrivyID bekerjasama dengan Pasar Pinjam hanya sebagai penyedia tandatangan digital. Apabila terdapat pertanyaan mengenai pinjaman pada pasar pinjam, silakan untuk menanyakan kepada pihak Pasar Pinjam.

Penandatanganan menggunakan aplikasi Akulaku dapat dilakukan dengan mengunjungi aplikasi Akulaku lalu pilih menu Bills. Kemudian silakan pilih tanda tangan perjanjian pinjaman kemudian klik lengkapi tanda tangan. Silakan untuk memilih halaman yang akan ditanda tangani kemudian klik tulisan "Sign". Lalu masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor terdaftar.

Apabila Anda belum terferivikasi pada Dana Kini, pastikan Anda sudah terverifikasi pada PrivyID, dan lakukan langkah keluar/logout kemudian masuk/login kembali. Apabila masih belum berhasil kami sarankan untuk menghubungi Dana Kini.

Pastikan bahwa Anda melakukan proses registrasi PrivyID melalui aplikasi Akulaku untuk bisa mendapatkan dokumen dan pastikan Anda terdaftar pada Akulaku.

Apabila pendaftaran gagal pada Akulaku, pastikan Anda sudah terverifikasi pada PrivyID. Apabila masih belum berhasil, kami sarankan untuk menghubungi pihak Akulaku.

Apabila Anda tidak dapat menemukan sertifikat elektronik pada aplikasi Akulaku, silakan mengirimkann data-data berikut:

  • NIK.
  • Nama.
  • Tanggal lahir.
  • Serta Screenshoot permasalahan.

Silakan mengirimkan data tersebut melalui live chat atau email di helpdesk@privy.id dengan subject "Pembaharuan Sertifikat".