Mengenal Affidavit, Dokumen Penting untuk Kebutuhan Hukum dan Imigrasi

dokumen affidavit

Dalam dunia imigrasi dan hukum, ada banyak sekali dokumen resmi yang mempunyai peranan penting. Salah satu contohnya adalah affidavit, dokumen ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengajuan izin tinggal atau visa dan berbagai macam masalah hukum. 

Pada artikel ini, akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian dan cara membuat dokumen tersebut.

Apa Itu Affidavit dalam Ranah Hukum?

Affidavit merupakan sebuah pernyataan tertulis mengenai fakta-fakta yang dibuat di bawah penegasan atas sumpah. Dalam ranah hukum, dokumen ini berfungsi sebagai alat kesaksian yang memungkinkan seseorang untuk memberikan pernyataan atau bukti tanpa hadir di pengadilan secara langsung.

Pihak yang membuat dokumen ini disebut affidavit yang bersumpah atas kebenaran dan kejujuran informasi yang ada di dalamnya. Biasanya dokumen ini terdiri dari beberapa bagian, seperti di bawah ini. 

1. Permulaan

Pada bagian permulaan terdapat judul, informasi yurisdiksi dan juga identifikasi pembuat atau pemberi pernyataan. 

2. Isi

Berisi pernyataan dan fakta yang sudah disumpah yang biasanya dibagi menjadi beberapa paragraf bernomor. 

3. Sumpah

Klausul yang terletak di akhir dokumen yang menyatakan bahwa pejabat atau notaris yang berwenang sudah mengkonfirmasi bahwa sumpah dari pemberi pernyataan dibuat di hadapan mereka.

4. Tanda Tangan

Pihak yang memberikan pernyataan wajib menandatangani dokumen yang mereka buat di hadapan notaris.

Apa Itu Affidavit dalam Ranah Imigrasi?

Dalam ranah imigrasi, affidavit menjadi dokumen yang bisa dipakai untuk menggantikan izin tinggal dan visa jika sang anak mempunyai kewarganegaraan asing. Adapun anak yang dimaksudkan di sini adalah anak yang mempunyai dua kewarganegaraan. 

Berikut anak-anak yang termasuk dalam golongan tersebut:

  1. Anak dari perkawinan sah ayah warga negara asing dengan ibu warga negara Indonesia.
  2. Anak dari perkawinan sah ayah warga negara Indonesia dengan ibu warga negara asing.
  3. Anak tidak sah ibu warga negara asing yang diakui ayah warga negara Indonesia sebagai anaknya, pengakuan ini dilakukan sebelum anak menginjak usia 18 tahun.
  4. Anak yang lahir di luar wilayah Indonesia dari ibu dan ayah warga negara Indonesia di mana negara tempat anak lahir sudah memberikan kewarganegaraan. 
  5. Anak yang tidak sah diakui oleh ayah warga negara asing sebelum menikah atau berusia 18 tahun. 
  6. Anak warga negara Indonesia berusia kurang dari 5 tahun yang diangkat sebagai anak sah oleh warga negara asing berdasarkan ketetapan pengadilan. 

Jika anak memenuhi salah satu kriteria yang ada di atas tersebut, orang tua bisa membuatkan dokumen pengganti visa dan izin tinggal atau visa untuk anak berkewarganegaraan ganda.

Cara Membuat Affidavit

Untuk membuat affidavit, tata caranya dibedakan berdasarkan kebutuhan. Pembahasan ini akan mengulas bagaimana cara membuat affidavit untuk kepentingan imigrasi dan hukum.

A) Affidavit untuk Kepentingan Imigrasi

Apabila affidavit dibuat untuk kebutuhan visa atau izin tempat tinggal, maka Anda perlu mempersiapkan dokumen persyaratan. Berikut persyaratan untuk pembuatan affidavit untuk kebutuhan visa atau izin tempat tinggal (imigrasi):

  1. Surat pemohon yang dibuat orang tua warga negara Indonesia. 
  2. CV anak atau formulir yang bisa didapatkan di kantor imigrasi. 
  3. KTP asli dan fotokopi orang tua warga negara Indonesia. 
  4. Akta kelahiran anak asli dan fotokopi. 
  5. Akta perkawinan orang tua atau surat nikah asli dan fotokopi. 
  6. Akta perceraian asli dan fotokopi apabila orang tua sudah bercerai. 
  7. Kartu keluarga asli dan fotokopi. 
  8. Surat keputusan menteri untuk anak yang lahir sebelum tanggal 1 Agustus 2006. 
  9. Putusan pengadilan pengakuan anak untuk anak yang lahir di luar pernikahan sah. 
  10. Mengisi form  27 yang tersedia di kantor imigrasi. 
  11. Surat domisili jika KTP tidak sama dengan wilayah kerja kantor imigrasi.

Setelah semua persyaratan sudah dipenuhi, Anda dapat mendatangi kantor imigrasi untuk pengambilan foto dan data biometrik. Pengambilan data ini akan dilakukan petugas setelah Anda menyelesaikan pembayaran. Pengambilan dokumen bisa dilakukan setelah pengambilan data biometrik, biasanya memakan waktu sampai 10 hari kerja.

B) Affidavit untuk Kepentingan Hukum 

Apabila membutuhkan affidavit untuk kepentingan hukum, maka cara pembuatannya berbeda dengan dokumen untuk imigrasi. Tata caranya bisa dilihat di bawah ini. 

1. Mempersiapkan Dokumen 

Ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebelum bisa melakukan proses pembuatan affidavit. Contoh dokumen-dokumennya adalah paspor, KTP dan dokumen-dokumen lainnya yang bisa menjadi bukti identitas membuat dokumen. 

2. Menghubungi Notaris 

Setelah semua dokumen sudah dipersiapkan, Anda bisa langsung menghubungi notaris. Pastikan untuk memilih notaris yang dapat dipercaya, sudah memiliki izin dan sertifikasi. Setelah sampai di tempat notaris, Anda dapat langsung mengutarakan maksud serta tujuan pembuatan dokumen ini.

3. Membuat Pernyataan

Selanjutnya, Anda tinggal membuat pernyataan yang ingin dituangkan di dalam dokumen. Pastikan pernyataan yang dibuat menggunakan bahasa yang mudah dipahami, ringkas dan akurat agar informasi yang dibagikan bisa dipahami dan dimengerti oleh semua pihak.

4. Menandatangani Dokumen

Setelah semua informasi yang ingin disampaikan sudah ditulis di dokumen, Anda tinggal menandatanganinya di hadapan notaris. 

5. Penerbitan Akta

Notaris akan membuat akta affidavit sesuai dengan pernyataan yang sudah dibuat oleh affiant. Notaris juga akan membubuhkan tanda tangan dan cap jabatannya di dokumen ini.

Apakah Bisa Membuat Affidavit Online?

Pembuatan dokumen pernyataan untuk kebutuhan hukum dan imigrasi sekarang bisa dilakukan secara online. Kalau ingin membuat dokumen ini secara online, Anda harus memilih platform yang benar-benar terpercaya agar data-data penting atau data pribadi tidak di dicuri atau hilang.

Salah satu platform digital yang menyediakan layanan pembuatan dokumen ini adalah SDUWHV (Sistem Daring Untuk Warga Negara Ganda) yang disediakan oleh pemerintah. Anda dapat mengakses platform tersebut melalui https://sduwhv.imigrasi.go.id/.

Kelola Dokumen Penting Lebih Aman Lewat Digitalisasi

Pastikan Anda mengelola dokumen-dokumen penting dengan aman, termasuk affidavit. Anda bisa mengelola dokumen dengan lebih aman melalui digitalisasi dokumen.

Digitalisasi dokumen memungkinkan Anda bisa lebih menghemat waktu dalam mengatur dokumen-dokumen yang dimiliki. Anda dapat mengatur dokumen berdasarkan tanggal, kata kunci atau nama file

Pengelolaan dokumen secara digitalisasi juga mengurangi risiko kerusakan dan kehilangan dokumen. Kalau memakai dokumen digital, Anda tidak perlu takut dokumen rusak akibat bencana atau usia karena dokumen ini sifatnya digital bukan fisik.

Selain itu, digitalisasi dokumen juga dapat menghemat ruang penyimpanan fisik. Dokumen-dokumen digital ini tidak perlu disimpan di ruang dokumen atau lemari arsip. Anda bisa menyimpan dokumen affidavit di ruang penyimpanan internal perangkat atau ruang penyimpanan eksternal, seperti cloud.

Privy hadir sebagai solusi terintegrasi untuk manajemen dokumen digital dan menyediakan layanan tanda tangan elektronik tersertifikasi. Sebagai platform yang telah terdaftar resmi di Komdigi, Privy menyediakan enkripsi berlapis untuk menjaga kerahasiaan data. 

Privy juga menyediakan platform penyimpanan yang efisien dan ramah pengguna. Proses digitalisasi dan pengarsipan dokumen digital menjadi jauh lebih praktis.

Selain itu, seluruh aktivitas dapat terdokumentasi secara jelas dan mampu menghemat waktu, biaya, serta tenaga. Privy menjadi cara modern yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun digitalisasi dokumen yang aman, cepat, dan terpercaya!

Frequently Asked Questions

Apa fungsi affidavit di ranah hukum? 

Affidavit merupakan alat kesaksian yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk memberikan pernyataan tanpa perlu hadir di pengadilan. 

Apa fungsi affidavit di ranah imigrasi?

Affidavit bisa digunakan untuk dokumen pengganti visa atau izin tinggal apabila sang anak memiliki kewarganegaraan ganda.

Bagaimana cara membuat affidavit?

Cara pembuatannya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kebutuhannya untuk imigrasi, maka perlu mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang diperlukan dan mendatangi kantor imigrasi. 

Apakah affidavit bisa dibuat secara online? 

Affidavit bisa dibuat secara online melalui platform digital yang terpercaya, seperti https://sduwhv.imigrasi.go.id/.

Tinggalkan Balasan