Era digital yang sudah merambah ke berbagai bidang kehidupan membawa perkembangan pesat pada cara pebisnis menjalankan usahanya. Salah satunya adalah perihal digitalisasi UMKM, yang didalamnya memanfaatkan teknologi digital untuk diterapkan pada aspek operasional dan manajerial bisnis.
Maksud dari digitalisasi adalah sebuah prosedur yang didalamnya menerapkan teknologi digital. Digitalisasi pun dapat mengubah praktik bisnis UMKM tradisional menjadi lebih canggih untuk meningkatkan daya saing, efisiensi, dan jangkauan bisnis.
Bentuk Digitalisasi Untuk UMKM dan Manfaatnya
Proses digitalisasi mencakup pemanfaatan berbagai alat serta platform digital, seperti media sosial, e-commerce dan aplikasi manajemen bisnis. Tujuannya untuk memaksimalkan proses bisnis yang dijalankan.
Penting untuk Anda pahami bahwa digitalisasi bukan hanya tentang bagaimana menggunakan teknologi yang canggih dan modern saja. Namun juga tentang bagaimana cara Anda mengubah metode menjalankan usaha agar lebih responsif pada kebutuhan pasar yang terus berkembang dengan pesat.
Di bawah ini adalah beberapa bentuk digitalisasi UMKM di Indonesia, lengkap beserta manfaatnya dalam bisnis:
1. Sistem Pengelolaan Keuangan Digital
Beragam cara pengelolaan keuangan bisnis secara digital akan memudahkan pebisnis untuk mencatat pemasukan, pengeluaran hingga arus kas secara otomatis. Selain memudahkan pencatatan transaksi bisnis, sistem ini juga memudahkan untuk pengelolaan stok barang dan pembuatan laporan keuangan bisnis dengan terstruktur.
Manfaat digitalisasi dalam aspek pengelolaan keuangan bisnis adalah:
- Meminimalkan terjadinya kesalahan pencatatan transaksi bisnis.
- Menghemat waktu untuk mengurus administrasi bisnis.
- Memudahkan pembuatan laporan keuangan yang akurat dan tepat untuk analisis bisnis yang lebih baik.
- Memudahkan akses khususnya pada layanan pembiayaan secara digital karena data pengelolaan keuangan usaha menjadi lebih transparan.
2. E-Commerce (Bisnis Online)
Keberadaan toko atau bisnis online menjadikan pebisnis tak lagi bergantung hanya pada lokasi bisnis secara fisik. Hal ini membuat bisnis bisa menjangkau pasar yang lebih luas hingga lintas kota maupun negara.
Manfaat digitalisasi pada aspek penjualan bisnis yaitu:
- Memperluas jangkauan pasar bisnis tanpa adanya batasan geografis.
- Memudahkan konsumen untuk bisa berbelanja kapan saja dan dari mana saja.
- Memperkuat branding merek bisnis dan interaksi dengan pelanggan secara real time.
3. Sistem Pencatatan Digital
Aplikasi inventori sangat berguna untuk membantu UMKM untuk kebutuhan pencatatan stok barang, harga, hingga riwayat transaksi secara otomatis dan terperinci. Adanya sistem pencatatan yang bekerja secara digital tersebut sangat membantu pebisnis untuk bisa memantau bisnisnya kapan saja dan dari mana saja melalui ponsel pintarnya.
Manfaat digitalisasi dalam aspek pencatatan digital adalah:
- Memudahkan pelaku bisnis untuk membuat perencanaan pembelian dan produksi barang.
- Mendeteksi mana saja produk yang paling laris dan bagaimana perkembangan kinerja penjualan bisnis.
- Menghindari adanya kehilangan stok barang atau terjadinya kesalahan pencatatan transaksi atau stok barang.
4. Penyimpanan Data Digital
Tersedia banyak layanan penyimpanan data secara digital yang bisa menyimpan dokumen bisnis dengan aman sekaligus lebih mudah untuk diakses. Metode penyimpanan data bisnis secara digital juga sangat mendukung keberlanjutan bisnis karena bisa mengurangi biaya operasional usaha dan penggunaan kertas.
Manfaat digitalisasi UMKM dalam aspek penyimpanan data bisnis yaitu:
- Lebih efisien dalam kebutuhan kerja sama antara karyawan dengan mitra usaha.
- Dokumen penting dalam bisnis lebih aman dan terjaga dari resiko kehilangan.
- Data dan informasi dalam bisnis bisa dibagikan dengan tim kerja dengan lebih cepat.
5. Digital Marketing
Saat ini bisnis UMKM sangat penting untuk bisa ikut serta dalam digital marketing. Beberapa di antaranya dengan memanfaatkan website, Google Ads, email marketing, dan media sosial untuk pemasaran secara online.
Manfaat digitalisasi dalam aspek pemasaran bisnis yaitu:
- Memudahkan pengukuran hasil pemasaran dengan menggunakan analitik digital.
- Meningkatkan engagement dengan pelanggan serta memberikan loyalitas merek yang lebih baik.
- Biaya promosi bisnis jauh lebih efisien dibandingkan menggunakan iklan secara konvensional.
Tips UMKM Naik Kelas Lewat Digitalisasi
Kini digitalisasi UMKM bukan hanya sekedar tren saja, melainkan menjadi satu kebutuhan penting agar bisnis bisa berkembang dan bersaing di pasar yang kompetitif. Apa saja tips atau strategi yang bisa diterapkan pada UMKM agar bisa “naik kelas” melalui digitalisasi? Simak ulasannya berikut ini!
1. Gunakan Marketplace dan e-Commerce
Manfaatkan dengan baik berbagai platform bisnis digital seperti Tokopedia, Lazada, dan Shopee. UMKM juga bisa memanfaatkan Amazon serta eBay untuk platform skala global. Dukung bisnis online dengan integrasi pembayaran secara digital dengan menggunakan e-wallet, QRIS, hingga virtual account.
2. Bangun Kehadiran Bisnis Secara Online
UMKM bisa membuat website secara profesional yang bisa meningkatkan kredibilitas bisnis. Adanya website juga memudahkan pelanggan mendapatkan informasi bisnis yang mereka butuhkan.
Membangun kehadiran bisnis secara online juga bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, TikTok, dan Instagram. Tujuannya bisa untuk kebutuhan promosi, branding, hingga berinteraksi langsung dengan pelanggan.
3. Pengelolaan Keuangan Bisnis Secara Digital
Tips digitalisasi dalam aspek pengelolaan keuangan adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi yang sudah berbasis cloud. Penggunaan aplikasi digital akan sangat membantu UMKM untuk bisa membuat laporan keuangan yang lebih rapi. Laporan tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan internal bisnis maupun akses pendanaan yang dibutuhkan.
4. Otomatisasi Layanan Pelanggan
Bisnis masa kini akan lebih diminati jika bisa memberikan respon yang cepat untuk tingkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Penggunaan sistem CRM dan chatbot juga bisa menjaga kualitas layanan bisnis menjadi lebih terjaga baik.
Permudah Proses Digitalisasi UMKM Bersama Privy
Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses digitalisasi UMKM adalah mengenai keabsahan dokumen serta keamanan data dari setiap transaksi digital yang dilakukan. Dalam hal tersebut, Privy sebagai penyedia layanan tanda tangan elektronik dan identitas digital yang bersertifikat resmi di Indonesia bisa membantu memudahkan prosesnya.
Beberapa layanan dari Privy untuk UMKM di antaranya:
- Melakukan pengelolaan arsip dokumen pelanggan dan arsip kontrak dengan meminimalkan penggunaan kertas.
- Menandatangani dokumen bisnis secara digital disertai legalitas yang diakui hukum secara resmi.
- Tingkatkan efisiensi operasional bisnis karena dokumen tak lagi diurus secara manual.
Digitalisasi UMKM kini sudah menjadi satu keharusan bagi pebisnis agar bisnis yang dijalankannya tetap relevan dengan era kekinian. Ingin memulai proses digitalisasi UMKM Anda langkah yang mudah serta aman? Daftar Privy.id sekarang juga dan dapatkan strategi terbaik untuk membawa bisnis Anda naik kelas di era digital ini.
Sebagai salah satu PSrE terkemuka di Indonesia, Privy menawarkan solusi komprehensif untuk mendukung digitalisasi administrasi Anda melalui layanan tanda tangan elektronik. Dengan lebih dari 65 juta pengguna terverifikasi dan lebih dari 155.000+ perusahaan yang menjadi pelanggan, Privy memastikan dokumen Anda aman, sah, dan mudah dikelola.
Mengapa Pilih Privy?
- Legalitas Terjamin: Tanda tangan elektronik Privy dilengkapi Sertifikat Elektronik yang diakui oleh pemerintah.
- Keamanan Tingkat Tinggi: Data Anda dilindungi dengan teknologi enkripsi canggih.
- Efisiensi Waktu dan Biaya: Proses administrasi lebih cepat tanpa mengurangi legalitas.
Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi Privy sekarang dan rasakan kemudahan digitalisasi administrasi yang terpercaya!
Frequently Asked Question
Mengapa digitalisasi begitu penting dalam bisnis?
Salah satu alasan utama mengapa digitalisasi dalam bisnis begitu penting adalah karena mempunyai kemampuan untuk tingkatkan produktivitas dan efisiensi.
Mengapa proses digitalisasi pengembangan UMKM sangat penting di era modern seperti saat ini?
Digitalisasi UMKM memberikan banyak peluang keuntungan untuk bisnis seperti untuk memperluas jangkauan pasar ke konsumen lokal hingga tingkat global tanpa batasan secara geografis.
Apakah yang dimaksud dengan UMKM Go Digital?
UMKM Go Digital merupakan sebuah gerakan dan proses transformasi untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan teknologi digital dalam beragam aspek usaha seperti transaksi, pemasaran, operasional hingga interaksi dengan pelanggan.
Apa saja peran pemerintah untuk mendukung digitalisasi UMKM?
Pemerintah memberikan dukungan digitalisasi UMKM melalui penyelenggaraan pelatihan digital marketing dan manajemen bisnis, pembangunan infrastruktur digital dan manajemen bisnis.
