Prosedur Penerbitan Akun

Penerbitan Identitas PrivyID Peringkat 1

Berikut prosedur penerbitan akun personal PrivyID Peringkat 1:

  1. Pemohon membuat PrivyID Peringkat 1 melalui laman https://privy.id/signup atau melalui aplikasi Android atau iOS yang perlu diunduh terlebih dahulu dari Google Play Store atau Appstore. Pemohon harus mengisi data yang diperlukan seperti alamat surel (email), nomor telepon genggam, dan mengunggah foto atau hasil scan kartu identitas (KTP/KK untuk WNI atau Paspor untuk WNA).
    Pemohon harus membaca serta menyetujui Perjanjian Penggunaan PrivyID.
  2. PrivyID akan mengirimkan OTP melalui SMS ke nomor ponsel yang diinput oleh Pemohon, Pemohon harus memasukkan isi OTP tersebut ke kolom yang disediakan untuk mengotentikasi nomor ponselnya.
    Apabila OTP tidak diterima, silakan klik tombol kirim ulang/resend sehingga PrivyID akan mengirimkan OTP melalui SMS dan email, dan apabila OTP tetap tidak diterima, silahkan menghubungi Customer Service via live chat.
  3. Tim verifikator PrivyID akan memeriksa data yang diberikan Pemohon dengan kriteria berikut ini:

    • Keaslian foto atau hasil scan kartu identitas yang diunggah.
    • Kepemilikan alamat surel sesuai dengan pemilik kartu identitas.
    • Kejelasan citra yang diunggah.
    • Kesesuaian data yang diinput calon pengguna dengan database institusi pemerintahan terkait.
  4. Pemohon yang dinyatakan lolos verifikasi akan mendapatkan surel berisikan PrivyID dan kode sandi bawaan serta instruksi untuk mengaktifkan PrivyID-nya dengan mengganti kode sandi. Pemohon yang datanya tidak lolos verifikasi akan dikirimkan email yang berisi notifikasi untuk mengirimkan dokumen tambahan atau pengganti untuk melanjutkan proses verifikasi.

  5. Pemegang akan diwajibkan/dipaksa untuk mengganti Kode Sandi saat pertama kali login baik melalui web ataupun aplikasi.

Penerbitan Identitas PrivyID Peringkat 2 (coming soon)