Panduan Penggunaan PrivyID

Tips Keamanan

  1. Masukan URL PrivyID secara manual pada browser anda (https://www.privy.id). Pastikan anda melihat ikon gembok berwarna hijau.

  2. JANGAN memasukkan PrivyID dan Kode Sandi anda pada laman web yang alamatnya bukanlah www.privy.id dengan icon gembok PT Privi Teknologi Ventura. Untuk melihat daftar rekanan kami yang menerima login menggunakan PrivyID klik disini.

  3. Lindungi diri anda dari situs PHISHING.

  4. JANGAN memberitahukan password PrivyID anda kepada siapapun dalam kondisi apapun.

  5. Meminjamkan atau memberikan kode sandi PrivyID anda kepada orang lain adalah hal yang DILARANG. Segala akibat dan/atau kerugian yang timbul dari tindakan atau kecerobohan anda menjadi tanggung jawab anda sepenuhnya.

Registrasi

  1. Pada laman www.privy.id, klik tombol ‘Daftar’.

  2. Masukkan alamat email, nomor ponsel, dan unggah KTP (bagi WNI) atau Paspor (bagi WNA) anda dalam format JPG/PNG.

  3. Pastikan alamat email dan nomor ponsel anda aktif. Jangan gunakan alamat email atau nomor ponsel yang mungkin tidak dapat anda akses suatu hari (misal email dan nomor ponsel kantor)

  4. Ukuran maksimal file citra KTP/Paspor anda adalah 4 Megabyte.

  5. Goreskan jari/stylus/kursor mouse anda pada kanvas yang disediakan untuk membuat tanda tangan anda.

  6. Klik tombol ‘Daftar”. Tunggu sebentar hingga anda mendapatkan notifikasi ‘Registrasi Berhasil. Kami telah mengirimkan email konfirmasi ke xyz@gmail.com. Klik disini apabila alamat email yang anda masukkan salah’.

  7. Setelah registrasi anda berhasil, anda akan mendapatkan email konfirmasi registrasi dari noreply@privy.id. Anda dimohon untuk menunggu maksimal selama 1 jam bagi tim legal PrivyID untuk melakukan verifikasi atas keabsahan dokumen identitas anda.

Aktivasi

  1. Jika tim legal kami menyatakan dokumen identitas anda lolos verifikasi, anda akan menerima email yang berisikan PrivyID anda, kode sandi bawaan, serta data diri anda yang terdaftar pada sistem.

  2. Untuk melakukan proses aktivasi anda dapat klik tombol ‘aktifkan’ pada email tersebut atau menyalin link yang terdapat dalam email tersebut ke browser. Sebagai alternatif lainnya, anda dapat login di www.privy.id menggunakan PrivyID anda dan kode sandi bawaan anda.

  3. Anda akan diminta untuk mengubah kode sandi. Masukkan kode sandi bawaan dan masukkan kode sandi baru pilihan anda sebanyak 2 kali.

  4. Kode sandi anda minimal harus terdiri dari 8 karakter yang mengandung huruf besar, huruf kecil dan angka atau simbol.

  5. Buat kode sandi baru yang tidak mudah ditebak oleh orang lain (misal jangan gunakan nama dan tanggal lahir anda atau nama orang-orang terdekat anda).

  6. Setelah membuat kode sandi baru, anda akan menemukan tampilan Syarat dan Ketentuan Pengunaan PrivyID. Bacalah syarat dan ketentuan tersebut dengan seksama, apabila anda tidak menyetujuinya, klik tombol ‘tolak’. Apabila anda menyetujuinya klik tombol ‘setuju’.

  7. Apabila anda telah memilih tombol ‘setuju’, anda akan mendapatkan sms berisikan kode PrivySecure anda ke nomor ponsel yang terdaftar pada sistem. Masukan kode tersebut untuk menandatangani Syarat dan Ketentuan Penggunaan PrivyID yang merupakan bentuk pesetujuan anda.

  8. Setelah citra tanda tangan anda muncul di bagian bawah Syarat dan Ketentuan Penggunaan PrivyID, klik tombol ‘selesai’.

  9. Anda sudah dapat menggunakan PrivyID untuk login ke sistem rekanan kami dan menandatangani dokumen elektronik.

Penggantian Kode Sandi dan Data Diri

  1. Untuk mengubah kode sandi anda, login ke Privy.Id menggunakan PrivyID dan kode sandi anda. Masuk ke laman profil anda dengan Klik profile picture atau nama anda di pojok kanan atas. Klik tab “Ubah Kode Sandi,” masukkan kode sandi anda, kemudian ketikkan kode sandi baru anda.

  2. Untuk mengubah nomor ponsel anda, pada laman profil anda, klik tombol ‘ubah’ disamping nomor ponsel anda. Masukkan nomor ponsel baru anda, anda akan menerima sms berisikan kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut untuk menyelesaikan proses pengubahan nomor ponsel.

  3. Untuk mengubah data diri lainnya seperti Email dan data diri yang terdapat pada KTP, hubungi layanan konsumen kami di assist@privy.id.

Pembekuan PrivyID

  1. Untuk membekukan PrivyID anda, hubungi layanan konsumen kami di assist@privy.id Segala perbuatan hukum yang pernah anda lakukan menggunakan PrivyID anda tidak akan hilang. Namun PrivyID anda tidak dapat digunakan lagi hingga PrivyID anda aktif kembali.

  2. Untuk kembali mengaktifkan PrivyID, hubungi layanan konsumen kami di assist@privy.id.

  3. Anda tidak dapat menghapus PrivyID anda. PrivyID digunakan sebagai identitas digital yang merupakan representasi diri anda di internet, maka jika PrivyID anda dihapus, pihak-pihak yang pernah berhubungan dengan anda, seperti menandatangani perjanjian bersama, mungkin akan dirugikan.